Minggu, 11 Desember 2011

Iklan di Era New Media

Oleh : Bapak Suwarjono (23/11/2011)


New Media atau Media baru merupakan istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital komputer atau jaringan informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah produk berteknologi digital seperti handphone dan internet. Media online kini menjadi media yang menguasai trend saat ini karena media online dapat memberikan informasi yang tidak terbatas oleh ruang dan tempat,  mudah diakses serta penyajiannya yang dapat berupa teks, foto, video, suara dan grafik. Selain itu media online juga memiliki kelebihan yaitu dapat melakukakan komunikasi du arah dengan penggunanya melalui komentar, group, komunitas maupun forum. Di Indonesia sendiri, media baru yang sering digunakan adalah internet, facebook, twitter, blogger, internet mobile dan handphone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil survey  sebagai berikut:


Di era New Media saat ini, iklan juga mulai berpindah dengan menggunakan media-media online yang semakin marak digunakan. Sebelum media baru muncul para pengiklan menggunakan koran, majalah cetak, radio dan televisi sebagai media untuk beriklan. Namun dengan munculnya berbagai macam media baru, kini pengiklan menggunakan media online tersebut seperti facebook, twitter dan media online lainnya untuk beriklan. Ada beberapa alasan mengapa para pengiklan menggunakan media online untuk beriklan yaitu karena tarif penggunaan internet yang murah, mampu menampilkan semua jenis informasi dan mampu menjangkau masyarakat secara global, serta kemampuan media online untuk menyampaikan pesan secara cepat. Walaupun demikian, media-media iklan yang merupakan old media seperti surat kabar kini mulai mengeluarkan versi online.

Pembicara dalam kelas kapita selekta kali ini juga memberitahukan beberapa karakterisitk media online yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:
  1. Content platform is the king. Isi media online merupakan segalanya
  2. User Behaviour. Media yang digunakan bersifat online atau offline
  3. Statistic. Traffic media online tinggi atau rendah akan berpengaruh pada masuknya iklan
  4. Marketing. Media online juga harus memiliki strategi yang jitu
  5. Technology. Metode yang digunaka berupa CMS atau mungkin gratis
  6. Make money. Harus memiliki ide yang kreatif dalam menciptakan uang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar